Senin, 01 Oktober 2007

  • Merlin .N Hutajulu
    153060246
    01 oct’07
    KOMUNIKASI INTERAKTIF



    Pengertian dari komunikasi interaktif adalah penyampaian pesan atau informasi dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) dengan menggunakan media interaktif dimana dalam komunikasi ini komunikator mendapatkan feedback (timbal balik) secara langsung dari komunikan atau sebaliknya.

    Biasanya media interaktif ini berupa media massa yang dapat secara langsung memberikan feedback (timbal balik) sesuai keinginan penggunanya.

    Media seperti telepon, handphone, internet,mesin ATM dan lain-lain dapat dikatakan sebagai media komunikasi interaktif. Sebagai contoh: jika seseorang menggunakan media ini untuk berkomunikasi dengan orang lain ia mendapatkan informasi secara langsung seuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan dan ia dapat secara cepat mendapatkan feedback dari si penyampai informasi.

    Media massa seperti Koran dan televisi tidak dapat dikatakan sebagai media komunikasi interaktif karena apa yang disajikan oleh media massa seperti Koran dan televisi harus diterima mentah-mentah oleh massa, selain itu masyarakat yang “mengkonsumsi” media massa seperti Koran dan televise tidak dapat melakuan feedback secara langsung. Feedback dalam media ini dilakukan secara tertunda.