Jumat, 25 Juli 2008

Teknologi 3.5G

Teknologi 3.5G
Seiring dengan perkembangan zaman, kecanggihan teknologi pun semakin meningkat. Seperti yang telah kita ketahui bersama kemunculan 3.5G di Indonesia mulai ramai dibicarakan oleh masyarakat yang tentunya merupakan pengemar ‘teknologi’. Sepertinya baru saja masyarakat dikejutkan dengan hadirnya 3G, teknologi mulai berkembang lagi dari 3G manjdi 3.5G.
3.5G sebenarnya hampir sama dengan teknologi 3G. Namun, teknologi 3.5G memiliki kelebihan-kelebihan lain apabila dibandingkan dengan teknologi 3G. Teknologi 3.5G merupakan layanan video call tentunya dengan komunikasi suara yang jauh lebih jernih serta dapat mengakses data atau internet dengan waktu yang lebih singkat.
Teknologi 3,5G ini merupakan teknologi transmisi data pita lebar yang dapat digunakan secara berpindah-pindah (mobile broadband) yang berbasis HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access). Teknologi ini mampu mengirimkan data awal dengan kecepatan hampir sepuluh kali lipat dari kecepatan teknologi 3G. Teknologi 3,5G berbasis HSDPA dikembangkan dari W-CDMA (Wideband CDMA) dan memberikan jalur evolusi untuk jaringan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System). Dibawah ini merupakan penjelasanlebih lanjut mengenai teknologi 3.5G.

1.HSDPA (High Speed Downlink Packet Acsses)
HSDPA merupakan protokol telepon genggam dan kadangkala disebut dengan teknologi 3.5G. HSDPA fase pertama berkapasitas 4,1 Mbps. Kemudian menyusul fase 2 berkapasitas 11 Mbps dan kapasitas maksimal downlink peak data rate hingga mencapai 14 mbit/s. Teknologi ini dikembangkan dari WCDMA sama sperti EV-DO mengembangkan CDMA 2000. HSDPA atau teknologi 3.5G memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecomunication System (UMTS) yang memungkinkan untuk penggunaan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun)
HSDPA merupakan evolusidari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5X lebih tinggi. HSDPA mendifinisikan sebuah saluran W-CDMA yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya ada pada komunikasi arah bawah menuju telepon genggam.


2.Perbedaan UMTS dan HSDPA
Perbedaan antara UMTS (Universal Mobile Telecomunication System)dan HSDPA (High Speed Downlink Packet Acsses) adalah pada kecepatan yang bisa dicapai. Kalau 3G artinya mendukung kecepatan UMTS yang hanya bisa maksimum 384 Kbps, sedangkan HSDPA secara teori bisa mencapai 3.6 Mbps (hampir 10 kali kecepatan maksimal UMTS). HSDPA seperti yang telah disinggung diatas sering disebut sebagai teknologi 3.5G untuk membedakannya dengan UMTS yang lebih dikenal dengan teknologi 3G.
HSDPA memungkinkan adanya layanan vidoe streaming, internet akses yangcepat dan konferensi video. HSDPA meruapakan pengembangan dari jaringan W-CDMA yang sudah ada. Sebagai informasi W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Tujuan HSDPA tak lain, adalah untu meningkatkan kecepatan maksimal transfer data, kualitas pelayanan dan efisiensi.
WCDMA adalah teknologi yang digunakan di GSM (Hallo,Simpati,Mentari,Xplor dll) sedangkan, teknologi untuk mendukungkecepatan tinggi pada jaringan CDMA (Fren,Esia,flexi,Starone) adalah EV-DO.
Jadi kesimpulannnya teknologi 3G dan teknologi 3.5G berbeda. Perbedaan utamanya terletak pada kecepatan akses internet dimana 3G dapat diakses hingga 384 kbps sedangkan HSDPA dapat diakses hingga 3,6 Mbps.

3.Keuntungan HSDPA
Bisa dibayangkan keunggulan HSDPA tentunya lebih banyak apabila dibandingkan dengan keunggulan teknologi UMTS. Keunggulan utama yang didapat dengan menggunakan teknologi HSDPA adalah yaitu dengan adanya kecepatan super tinggi hingga 3,6 Mbps danmenggunakan teknologi high speed downlink packet acsses memperlihatkan bahwa teknologi 3.5G sangat superior apabila dibandingkan dengan generasi teknologi sebelumnya yakni 3G.
Selain itu keuntungan lainnya yanng bisa didapatkan dengan menggunakan teknologi HSDPA adalah sambungan langsung ke jaringan internet internasional ataupun local, fitur email opsional yang dilengkapi dengan antivirusdan antispam. Dengan menggunakan single id, kita dapat memilih tipeakses internet yang disediakan oleh IM2 seperti CDMA, Hotspot, Dial Up dan lainnya.

4.Manfaat 3.5G
Manfaat teknologi 3.5G memungkinkan penggunanya untuk mengunduh beragam sajian multimedia, seperti streaming video, streaming musik, mobile TV, permainan daring (online game) , cuplikan film, animasi, video klip, permainan, video klip olahraga, berita keuangan, memainkan kumpulan lagu secara penuh, dan unduh karaoke dengan kecepatan tinggi. Seluruhnya dapat dilakukan sambil tetap melakukan telepon video dengan tanpa mengganggu proses transfer data.

Tidak ada komentar: