Selasa, 12 Agustus 2008

Internet Sebagai Media Komunikasi


1.Latar Belakang

Dewasa ini seiring dengan berjalannya waktu, teknologi berkembang semakin cepat. Tingkat mobilisasi manusia yang semakin tinggi membuat manusia membutuhkan segala sesuatu yang besifat cepat, mudah untuk didapatkan dimana saja dan bersifat praktis pula. Keinginan manusia tersebut terlihat mmulai dari memilih kebutuhan pokok yakni sandang, papan dan pangan hingga informasi yang bersifat cepat, mudah didapatkan secara praktis.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa manusia merupakan mahkluk sosial yang memiliki sifat keingintahuan yang besar dibandingkan dengan mahkluk lainnya. Sifat keingintahuan inilah yang menyebabkan manusia sangat membutuhkan informasi untuk dapat mengetahui sejauh mana perkembangan yang terjadi baik di lingkungan sekitarnya maupun perkembangan di bumi yang ditempatinya. Namun, dalam memberikan dan menerima informasi manusia masih memiliki keterbatasan waktu yang dimiliki dan keterbatasan jangkauan informasi.
Munculnya cyber media atau Internet merupakan jawaban yang paling tepat atas keinginan manusia untuk memberikan dan menerima informasi. Internet merupakan sebuah infrastruktur inform global (widespread information infrastructure) yang awalnya disebut ”The National (Global/Galatic) Information Structure”. Sejarah berubahnya The national Information infrastructure menjadi Global Information Structure sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi dan komunitas. Pengaruh Global Information Structure tidak hanya terhadap bidang teknologi komunikasi sosial (teknik-teknik berkommunikasi dengan masyarakat), seperti yang sekarang dilakukan yaitu banyak mempergunakan sistem online untuk bisnis elektronik (Electronic Commercee) tetapi juga pemilikan informasi serta interaksi dengan masyarakat. (Yulian, S, 2001:58).
Batasan-batasan dunia yang mulai mengabur, kondisi dunia yang mulai mengglobal, maka alternative dalam pencarian komunikasi tidak lain adalah penggunaan jaringan computer internasional yang disebut internet. Dengan kehadiran internet jarak geografis kini tidak lagi menjadi penghalang bagi seseorang untnuk melakukan proses komunikasi. Dengan kata lain sifat internet yang dapat menjangkau khayalak yang cukup luas dari berbagai penjuru dunia dengan waktu yang sesingkat mungkin merupakan kelebihan utama dari media ini. Kelebihan inilah yang membuat masyarakat tertarik untuk memperoleh informasi dari media yang satu ini karena merupakan salah satu solusi yang mampu menjawab permasalahan masyarakat dalam memberikan dan menerima informasi dengan cepat walaupun adanya keterbatasan waktu.
Teknologi Internet di Indonesia dibangun diatas jaringan fisik dari telepon yang dihubungkan dengan modem dan komputer dengan Dial-Up, Leased Line, VSAT, WaveLan dan ISDN. Perangkat internet sebagian besar dioperasikan oleh operator telekomunikasi seprti PT.Telkom, PT, Indosat dan perusahaan penyediaan layanan internet swasta lainnya. Dalam perkembangannya kini di Indonesia internet didukung oleh semakin banyaknya Internet Service Provider (ISP) yangn berjumlah sekitar 40 Isp,(www.satunet.co.id:warta pasar 11 Maret 2008).
Semakin berkembangnya teknologi internet menjadi cyber media yang mulai menunjukkan perkembangannya pula. Web Browser, Email dan mIRC (micro internet relay chat) merupakan berbagai bentuk perkembangan dari media yang satu ini.Manusia dari berbagai penjuru dunia dapat berinteraksi dengan menggunakan fasilitas tersebut.


2. Rumusan Masalah
A.Bagaimanakah perkembangan internet pada awalnya sehingga menjadi media komunikasi seperti sekarang ini?
B.Bagaimana perkembangan internet sebagai media komunikasi di Indonesia sendiri?
C.Apa saja fasilitas dari internet sebagai media komunikasi?
D.Bagaimana dampak positif dan dampak negatif dari keberadaan internet sebagai media komunikasi?


3. Pembahasan
A.Sejarah dan Perkembangan Internet di Dunia
Dibawah merupakan perkembangan jaringan internet:
*1957
Uni Sovyet (Sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik. Sebagai buntut dari kekalahan Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa.
*1958
Dibentuklah sebuah badan didalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advenced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agarAMerika Serikat mampu meningkatkanilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
*Oktober 1962
Licklider mampu meyakinkan pentingnya konsep ”Galatic Network” kepada rekannya di DARPA (Defence Advenced Projects Agency), Ivan Sutherland, Bob Tylor dan MIT research Lawrence G. Roberts. Ditahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputeter distribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
*1964
Leonardo Kleinrock mempublikasikan bukunya mengenai Packet Switching Theory, dan meyakinkan Robert mengenai kemungkinan teori komunikasinya yang memakai paket daripada sirkuit, yang merupakan langkah besar terhadap Computer Networking . Konsep lain untuk mebuat komputer berhubungan.
*1965
Untuk membuktikannya, bersama dengan Thomas Meriil, Roberts menghubungkan TX-2 (komputer di Massachusetts) dengan Q-32 di California dengan jaringan telepon yang rendah. Eksperimenini berhasil walaupun jaringan telepon itu tidak cukup kuat untuk menjalankan program dan mengembalikan data.
Istilah ”Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nilson.
*Akhir 1966
Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer ini di DARPA. Dan dengan ceapat merencanakannnya pada ARPANET.
*1967
Roberts mempublikasikan konsep jaringan kompuetr ini. Pada konferensinya, terdapat pula paper mengenai konsep Packet Network dari UK Donald Davies and Roger Scantlebury (NPL). Begitu pula dengan PaulBARAN (RAND). Rand group menulis tentang packet switching networks for secure voice pada tahun 1964. Dapat diteliti bahwa merekameriste: MIT (1961-1967), RAND (1962-1965) dan NPL (1964-1967) dan diproses secara parallel tanpa saling mengetahui penelitian yang lain.
*1970
Konsep internet sudah digunakan di universitas-universitas di AMerika Serikat dan berkembang pesat hingga sekarang.
*1972
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International internet Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan computer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan computer, termasuk diantaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf ,yang kemudia disebut sebagai “ Bapak Intenet” .
Selain itu, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-Mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”.
*1972-1974
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC, Orbit, Lexis, the New York Times DataBank dan lainnya mendaftarkan diri ke ARPANET.
*1973
Jaringan computer ARPANET mulai dikembangkan ke luar AMerika Serikat, pada tahun ini, ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa Universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Establishment di Norwegia.
*1974
Vint Cef dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protocol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protokol for Packet Network Interconnection”. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Bolt, Beranet& Newman (BBN), perusahaan kontarktor ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data public pertama.
*1977
Sudah ada 111 buah computer yang telah berhubung ke ARPANET.
*1978
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
*1979
Group diskusi/newsgroup Usenet dibuat oleh Tom Truscott, Jim ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu penggunaan Usenet pun meningkat secara drastic. Di tahun ini pula, emotion diusulkan oleh Kevin McKenzie.
*1981
Frans Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televise pertama dimana orang bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.
*1982
Karenakomputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin bertambah, maka dibutuhkan sebuah protocol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada saat itu dibentuklah Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan computer tandingan yang dikenal dengan Eunet ,yang menyediakan jasa jaringan computer di Negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
*1984
Diperkenalkan sisten nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System untuk menyeragamkan alamat di jaringan computer yang ada. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.
*1988
Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.
*1989
Timothy Berners-Lee, ahli komputerdari Inggris menciptakan World Wide Web. Merupakan system dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemeberian informasi yangcepat dengan mengggunakan hypertext make up language. (HTML) yang memungkinkan adanya koneksi (link) antar dokumen. WWW bersifat multi media, karena merupakan kombinasi dari teks, foto, media dan video.
*1994
Situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retailmuncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahu yang sama Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
Selain perkembangan seperti yangtelah dijelaskan diatas ada 2 versi sejarah perkembangan internet pada awalnya:
Pertama, cerita yang beredar di masyarakat umum mengatakan bahwa internet awalnya adalah produk dari Cold War. Pada versi ini, The Air Force pada tahun 1962,ingin menjaga kemampuan militernya untuk bertukar pesan di sekitar negaranya ketika area tertentu telah dihancurkan oleh serangan musuh.Para ahli komputer pada saat itu memikirkan langkah apa yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Tapi banyak peneliti yang menolak dan menganggap ini hanyamitos yang inginmenyiratkan bahwa internet dibangun untuk melindungi rahasia negara atas serangan nuklir.
Versi yang kedua, pada awal 1956, Joseph C.R Licklider, penggemar Marshal McLuhans berpikir tentang kekuatan teknologi komunikasi. Licklider memimpikan adanya hubungan antara kumpulan komputer, dimana setiap orang dapat mengakses dengan cepat data dan program.
Kemudian Licklider meramalkan jaringan komputer dapat menciptakan negara yang rakyatnya dapat diinformasikan, diajak, dan dilibatkan dalam proses pemerintahan. Meramalkan jugaadanya penggabungan antara Home Computer dan televisi dihubungkandalam sebuah jaringan yang terhubung secara nasional. Konsep ini dinamakan “Galatic Network”. Licklidermenjadi Head of the Computer research program pertama DARPA.


B.Perkembangan Internet di Indonesia


Secara keseluruhan memang masih dapat dikatakan bahwa internet relative baru dikenal oleh masyarakat Indonesia dan frekuensi pemakaiannya pun belum terlalu banyak. Namun, perkembangan internet di Indonesia telah menunjukkanperkembangan yang signifikan.
Namun, bila dibandingkan dengan negara-negara asia yang lebih maju, seperti Singapura, Taiwan dan Hongkong, Indonesia masih tertinggal jauh. Indikasi yang kuat adalah masih terbatasnya jumlah pelanggan internet yang baru berkisar 1.680.000 pelanggan sampai dengan tahun 2001 (APJI) atau tidak lebih dari 5% dari total jumlah rumah tangga di perkotaan.Apabila dibandingkan dengan Taiwan dan Hongkong yang masing-masing 405 dan 26,7% dari total jumlah rumah tangga (newsbyte,2001).
Pada tahun 2001 terjadi kelesuan, namun itu bersifat sementara karena efek dari krisis global yang sedang dialami, disampiung pengaruh tragedi penghancuran Gedung WTC sebagai simbol pusat perekonomian dunia.
Pada pertengahan kwartal pertama tahun 2002, terjadi fenomena yang menarik, karena sebuah jaringan ISP terluas yaitu wasantaranet telah menutup sebagian kantor cabangnya. Kemudian berikutnya, disusul ISP yang memiliki jaringan yang luas pula, yaitu MegaNet mengumumkan bahwa perusahaannya telah menutup semua kantor operasionalnya. Kondisi ini kurang menguntungkan bagi perkembangan akses informasi oleh masyarakat.
Ada beberapa hal yang menyebabkan tidak beroperasinya kembali sebagian kantor cabang ISP tersebut, karena alasan cost operasionalnya yang terlalu tinggi, yang tidak bisa dipenuhi oleh masuknya pendapatan. Namun, pada perkembangan terakhir disebutkan bahwa alasan utamanya adalah karena persaingan yang tidak sehat yang dilakukan oleh TELKOM dengan Telkomnet Instannya.


C.Fasilitas Internet sebagai Media Komunikasi
Semakin berkembangnya teknologi internet menjadi cyber media yang mulai menunjukkan perkembangannya pula. Web Browser, Email dan mIRC (micro internet relay chat) merupakan berbagai bentuk perkembangan dari media yang satu ini
.
1. Email (electronic mail)


Email merupakan salah satu layanan komunikasi melalui internet. Berkomunikasi menggunakan email adalah mengetikkan pesan yang akan kita kirim pada program kompuetr yang dikhususkan untukkeperluan ini seperti Outlook Express, Netscape Communicator, Eudora, Pegasus, dan lain-lain.kemudian pesan yang telah disusun dikirimkan melalui komputer yang telah dihubungkan dengan jaringan internet.
Karena pengiriman dan penerimaan e-mail ternyata berjalan sangat cepat dan efisien, akhirnya orang berpikir untuk mencari berbagai kemungkinan komunikasi yang bisa dikembangkan melalui medium ini, seperti apa yang disebut dengan distribution list, dan discussion list. Bahkan di antara mereka yang sering menggunakan email telah berkembang konvensi-konvensi pergaulan tertentu, yang sangat penting untuk diketahui oleh para pemula, seperti netiquette, smiley / emoticon, avatar / nickname, dan sebagainya. Akhirnya dengan semakin canggihnya program email yang digunakan, semakin terbuka pula kemungkinan yang lebih luas. Dewasa ini semua email clients mampu menyertakan file pada email yang dikirimkan, sebagai attachment / lampiran. Ini berarti yang dikirimkan oleh email bukan hanya tulisan, tapi bisa juga suara, gambar, bahkan gambar bergerak.
Jenis Email
A.Dari Mekanismenya
Dalam perkembangannya, email ternyata tidak hanya seperti yang dideskripsikan pada bagian II. Lebih detil, dari mekanisme pengiriman dan penerimaannya terdapat beberapa jenis sebagai berikut :


POP Email


Email jenis ini adalah persis seperti yang telah dijelaskan pada bagian II di atas. POP singkatan dari Post Office Protocol. Jadi, jalan yang dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang mesti melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.


Web-based Email / email gratis


Web-based Email, atau email berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account email sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web server.
Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account email yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account email dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa email gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan menulis sebuah email, email tersebut tidak ditulis pada email client yang konvensional tapi pada sebuah kolom / halaman khusus yang disediakan untuk itu. Pada kolom / halaman tersebut sudah lengkap tersedua bagian-bagian yang bisa diklik, untuk mengirimkan, menyimpan, dan sebagainya
Bila kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita maka kita akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa email semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan email client, seperti yang saya tulisakan di atas, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, mailexcite.com, astaga.com, dan sebagainya.


Email Forwarder
Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secara gratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, alamat email saya yang sebenarnya adalah , akan tetapi saya masih bisa menerima email dari manapun juga yang dialamatkan ke pada inbox untuk alamat email saya yang asli. Dalam hal ini adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukan kepada alamat itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya.
Orang menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonim dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula yang menggunakan email forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima spamming (lihat bagian Email Abuse di bagian VII).


Variasi bentuk Komunikasi Melalui email


Dalam beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan email. Sekurang-kurangnya ada lima macam, yaitu :
Point to Point
Maksudnya adalah mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim email bahwa cara ini dinamakan japri, singkatan dari jalur pribadi.


*carbon Copy (CC)
Pengertian carbon, di sini analog dengan bila kita mengetik surat (dengan mesin tik konvensional!) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuah email, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian “CC”.
*Blind Carbon Copy (BCC)
Ini adalah variasi dari CC. Orang yang menerima email yang alamatnya dituliskan pada bagian “TO” oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat email mana saja email tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena ia bisa langsung melihat pada bagian “CC”. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah email kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian “BCC”, selain “TO” dan “CC”. Pada Outlook Express ver. 5.01 bagian BCC baru bisa tampak bila kita masuk ke sebuah email baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.


*Distribution List
Pengertian distribution list agak berbeda dengan tiga varian bentuk sebelumnya, karena ini lebih berkenaan dengan pengaturan distribusi email yang dilakukan secara eksternal, artinya tidak terintegrasi dengan email client yang digunakan.
Yang dimaksud dengan distribution list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan email secara satu arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima emailnya. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah email ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward email tadi ke semua alamat email yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.
Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Bisa pula si pengelola yang memasukkan alamat email mereka ke database pelanggan secara manual.


*Discussion List
Discussion list seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah email. Akan tetapi belum tentu semua orang bisa begitu saja mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yang terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.
Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administratur yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.
Akan tetapi kadang-kadang ada juga milis yang mempersyaratkan calon anggota untuk memberikan keterangan mengenai jati dirinya sebelum permohonan bergabung disetujui. Bila seorang administratur milis menyetujui permohonan untuk bergabung, biasanya tak lama kemudian akan dikirimkan informasi mengenai tatacara pengiriman email dan keterangan-keterangan lainnya tentang milis tersebut; tujuan milis, yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, cara keluar dari milis, alamat email administratur, dan sebagainya.


2. World Wide Web
Webservice merupakan media yang sangat panas saat ini karena, banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Web Service terutama interoperabilitas tinggi dan penggunaannya yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama mesin kita terhubung oleh jaringan internet salah satunya.
Web menggunakan metafora ‘halaman’ dan penggunaannya dapat membuka halaman per halaman hanya dengan mengklik mouse dengan menyorot kata atau letak sebuah halaman. Halaman yang berbeda tersebut bisa jadi ada di computer yang berbeda di seluruh dunia. Perpindahan dalam web dibuat lebih sederhana bagi penggunaannya sejalan dengan perkembangan software untuk membaca web seperti mozaik dan Netscape.


3. IRc (Internet Relay Chat)
Internet Relay Chat diciptakan pada tahun ‘80an hasil dari penyempurnaan komunikasi antar UNIX. Ketika berkomunukasi antar dua orang atau lebih secara hampir bersamaan. IRC adalah jaringan server yang menrelai percakapan dari pengguna yang terkoneksi pada server tersebut. Jaringan IRC tersebar di seluruh dunia. Siapa saja, di mana saja, dengan mempergunakan internet koneksi dapat berpartisipasi untuk ikut.
IRC adalah media untuk berbicara atau berkomunikasi real time dengan orang lain di internet.IRC bekerja seperti radio CB,hanya saja BlueBrainers mengetikkan semuanya yang ingin dibicarakan melalui keyboard dan BlueBrainers akan melihat ketikan orang lain melalui monitor BlueBrainers.


D.Dampak Dari Keberadaan Internet


Kehadiran internet tidak disangkal lagi telah membawa revolusi pada cara manusia melakukan komunikasi. Dengan internet, kendala ruang atau jarak dalam berkomunikasi telah banyak di atasi. Sebelumnya dengan fasilitas yang ada sebenarnya kita sudah bisa mengatasi jarak. Telepon, sebagai contoh, adalah fasilitas yang memungkinkan kita berkomunikasi ke mana saja di dunia ini. Akan tetapi kenyataan bahwa pulsa telpon interlokal atau internasional sangat mahal akhirnya menjadikan fasilitas tersebut tidak optimal digunakan.
Dengan kata lain, segala sesuatu yang muncul sebagai efek dari komunikasi melaluinya hanya tinggal sebagai potensi saja. Dengan adanyainternet, manusia dihadapakan pada sebuah kemungkinan dimana komunikasi kemana saja dengan biayamurah dapat dilaksanakan.kemungkinan yang bisa timbul sebagai akibatnya tentu bisa sangat luas. Berikut ini dampak positif dan negative dengan keberadaan internet sebagai salah satu media komunikasi.
1.Dampak Positif:
Internet sebagai media komunikasi
Memudahkan pencarian informasi
Kemajuan pemahaman bahasa asing, khususnya bahasa Internasional, bahasa Inggris
Internet bersifat global. Dapat diakses oleh seluruh orang di dunia yang menginginkannya
Internet tidakmemandang segi geografis, semua orang dapat berkomunikasi menggunakan internet walaupun berbeda dunia sekalipun
Kemajuan pemahaman teknologi computer yang berkaitan erat dengan internet
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidanng perdagangan baik perdagangan domesitk maupun internasional
2.Dampak Negatif:
Maraknya informasi yang sebanarnya tidak layak untuk di konsumsi umum
Penyebaran kekerasan
Penipuan
Perjudian
Carding criminal
Penyebaran pornogrrafi
Menjadi addicted. Dapat membuat penggunanya hidup boros
Sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinterkasi
4. Kesimpulan
Ada 2 versi sejarah Internet berkembang pada awalnya yaitu: mengatakan bahwa internet awalnya adalah produk dari Cold War. Pada versi ini, The Air Force pada tahun 1962,ingin menjaga kemampuan militernya untuk bertukar pesan di sekitar negaranya ketika area tertentu telah dihancurkan oleh serangan musuh.Para ahli komputer pada saat itu memikirkan langkah apa yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Tapi banyak peneliti yang menolak dan menganggap ini hanyamitos yang inginmenyiratkan bahwa internet dibangun untuk melindungi rahasia negara atas serangan nuklir.
Versi yang kedua, pada awal 1956, Joseph C.R Licklider, penggemar Marshal McLuhans berpikir tentang kekuatan teknologi komunikasi. Licklider memimpikan adanya hubungan antara kumpulan komputer, dimana setiap orang dapat mengakses dengan cepat data dan program.
Walaupun Indonesia apabila dibandingkan dengan negara-negara maju di Asia masih tertinggal cukup jauh dalam penggunaan internet namun, pengguna internet di Indonesia meningkat tiap tahunnnya.
Fasilitas yang ditawarkan internet terbagi menjadi 3 bagian:
Email (Electronic Mail)
World Wide web
IRC (Internet Relay chat)
Ketiganya merupakan media komunikasi yang banyak digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi karena lebih cepat, ringkas, dan murah serta dapat menajangkau khalayak yang luas dari berbagai penjuru dunia.
Tidak selamanya internet selalu berdampak posistif bagi penggunanya. Karena kelebihannya ineternet justru dapat membawa dampak negative bagi penggunanya.

Tidak ada komentar: